H. Achmad Fikry Jadikan RSUD HHB Sebagai RS Pendidikan

Berita HSS

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan Drs. H. Achmad Fikry, MAp, Direktur dan jajaran RSUD H.Hasan Basri (HHB) Kandangan, serta Kepala SKPD terkait mengunjungi RS Islam Sultan Agung Semarang, Jum’at, 13 Oktober 2017.
Kunjungan tersebut adalah dalam rangka Studi Banding untuk menambahkan fungsi RSUD H. Hasan Basry Kandangan sebagai RS Pendidikan.
Direktur Utama RSI Sultan Agung Semarang Dr. Masyhudi AM, M.Kes.
Mengatakan dalam sambutannya RS Islam Sultan Agung ini berdiri sejak Agustus 1971 dengan Semangat mencintai Allah. RS ini telah mendapat predikat RS Pendidikan Utama.
Rumah Sakit ini berdiri di bawah Yayasan Badan Waqaf Sultan Agung yang juga mengelola universitas (Unisula) dan Pendidikan Dasar dan Menengah.
RS Islam Sultan Agung Semarang selain sebagai RS Pendidikan juga sebagai RS Syari’ah pertama di Indonesia sebagaimana direkomendasikan MUI Pusat dengan Motto “Berkhidmat Menyelamatkan Umat”.
Direktur RS Islam Sultan Agung mengatakan RS ini berniat untuk Izzul Islam wal Muslimin. Beliau juga mengatakan”Al fadhlu Lil Mubtadi” artinya Keutamaan adalah untuk yang pertama, semoga RSUD HHB Kandangan menjadi RS daerah yang pertama mengikuti jejak langkah RSI Sultan Agung tuturnya.
Bupati HSS, H. Achmad Fikry menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan awal direktur dan yayasan RS Islam Sultan Agung Semarang ke RSUD Hasan Basry Kandangan, yang mana RSUD HHB berkeinginan untuk menambahkan fungsinya sebagai RS Pendidikan.
Di samping itu juga atas dorongan dari ulama HSS dan kebutuhan agama dirasa perlu untuk memberikan layanan keagamaan pada layanan Rumah Sakit, seperti mengingatkan waktu sholat untuk pasien dan keluarganya, membimbing pasien untuk menegakkan sholat, membimbing kalimat tauhid Laa ilaha ilallah bagi pasien, dan lain-lain, jelas Bapak H. Achmad Fikry.
Hal ini menurutnya selaras dengan kehidupan Agamis yang terdapat pada visi-misi SEHATI Kabupaten HSS.
Ketua Yayasan Badan Waqaf Sultan Agung KH. Hasan Thoha Putra, MBA. mengatakan Yayasan yang menjembatani lahirnya RSI Sultan Agung ini berdiri tahun 1950 dengan niat Membudayakan Islam di setiap aktivitas yayasan.
Turut Hadir pula dalam acara tersebut Dekan Fakultas Kedokteran Unissula Dr. dr. H. Setyo Trisnadi, Sp Kf.SH, dan Jajaran Struktur RS Islam Sultan Agung Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *