Benteng Madang Tempat Pertahanan Melawan Belanda

Wisata HSS
Benteng Madang Kalimantan Selatan

Merupakan Daerah Pegunungan Sehingga Udaranya Sangat Sejuk

Di Kalimantan ada sebuah benteng yang masih kokoh menjadi saksi bisu pertempuran hebat rakyat Kalimantan Selatan melawan Belanda. Namanya Benteng Madang yang terletak di Desa Madang, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Jarak dari kota Kandangan ke lokasi Benteng Madang sekitar 8 km.

Benteng ini menjadi saksi sejarah perlawanan rakyat Banjar dalam menghadapi penjajah di tanah kelahiran mereka sendiri. Tiba di pintu gerbang Benteng Madang Anda disuguhi dengan banyak anak tangga. Untuk mencapai puncaknya, Anda harus menapaki sekitar 400 anak tangga. Uniknya, benteng ini dikelilingi dinding pertahanan dari kayu. Masyarakat sekitar menyebutnya Benteng Kayu Madang dan masih terawat hingga kini.

Benteng Madang di bangun di atas gunung madang yang merupakan bagian dari Pegunungan Meratus sehingga dapat melihat area di sekitarnya, dengan luas wilayah sekitar 400m2 benteng ini di kelilingi oleh semak belukar yang sangat padat sehingga sekilas Anda tidak akan tahu kalau terdapat benteng di daerah ini. Di atas benteng ini Anda bisa melihat pemandangan kota kandangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *