Berita Lainnya

Kandangan – Bertempat di Gedung Kesenian. Forum Wartawan Daerah (Forwah) Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten HSS, menggelar final lomba jurnalis destinasi wisata sekaligus jumpa pers memberdayakan potensi jurnalistik pelajar untuk promosi wisata daerah, Sabtu (20/10).

Kegiatan diikuti para pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se-Kabupaten HSS. Ketua Forwah HSS, Ida Laeny, mengatakan, jumpa pers dan lomba jurnalis diadakan untuk menumbuhkembangkan bakat para pelajar dalam menulis, terutama mengangkat destinasi wisata yang ada di HSS.

Dikatakan Ida, dalam lomba jurnalis destinasi wisata, yang dinilai cara penulisan sesuai dengan kaidah jurnalis, fokus, dan sesuai dengan tema. “Terakhir para finalis yang masuk 8 besar mempresentasikan hasil tulisannya dihadapan peserta,” ujarnya.

Bagi pemenang lomba jurnalis, diberikan hadiah berupa uang dan dan piagam, juara pertama Rp.2,5 juta, kedua Rp1,5 juta, ketiga Rp1 juta, dan harapan satu sampai tiga mendapatkan Rp.750.000. Ida berharap, lomba jurnalis destinasi wisata, para pelajar bisa menulis, sehingga bisa membantu daerah untuk mempromosikan wisata-wisata di HSS.

Dikatakan Ida, di Kabupaten HSS banyak sekali potensi-potensi wisata yang bisa diangkat, yakni wisata alam, sejarah, dan religi. “Wisata-wisata ini yang perlu diangkat, agar potensi-potensi wisata semakin berkembang,” ujarnya.

Kepala Bidang, Pengelolaan dan Sarana Informasi Publik, Dinas Kominfo HSS, Muhyaripandi, mengatakan, lomba jurnalis destinasi wisata yang dinilai sesuai dengan kaidah jurnalistik, yang temanya sudah ditentukan tentang wisata yang ada di HSS

Dikatakannya, juri yang menilai karya jurnalis peserta, adalah Kabid Destinasi Wisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pemuda Olahraga dan Wisata, Kabupaten HSS, Moh Zakir, dan Budayawan Muhammad Syarmidin. “Bagi peserta yang masuk delapan besar, diberikan waktu 10 menit untuk presentasi dan tanya jawab dengan juri,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati HSS, Achmad Fikry, melalui Kepala Bagian Kehumasan dan Protokol, Setda HSS, Eko Harjidi Putra, mengapresiasi kegiatan lomba yang digelar oleh forwah, bagi pelajar yang bertema wisata. Dengan melalui lomba jurnalis destinasi wisata daerah, diharapkan dapat menumbuhkan minat menulis dan kecintaan para pelajar pada dunia jurnalistik.
Selain itu, melalui kegiatan lomba jurnalis, generasi muda semakin mengenal potensi-potensi wisata yang ada di Kabupaten HSS, dan dikenalkan kepada khalayak ramai tentang pariwisata. “Semoga kegiatan ini, dapat mewujudkan Kabupaten HSS yang cerdas, inovasi, teknologis, dan agamis serta dua akhirat,” harapnya.
Ia mengatakan kegiatan positif yang digelar oleh forwah HSS ini, merupakan tindak lanjut dari pelatihan jurnalistik sebelumnya. “Kami harap, kegiatan positif ini terus ditingkatkan dan dikembangkan lagi kedepannya,” ujarnya.

Berikut informasi pemenangnya, dan nantinya hadiah akan diserahkan langsung oleh Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP :

Juara I
Siti Nazwa Dhea Sukma
(SMAN 1 Kandangan)
Judul : Pesona Riam Hanai Menanti Anda

Juara II
Mutiara Nurhaliza
(SMAN 1 Kandangan),
Judul : Ayo, Balanting Paring Mengaliri Sungai Amandit

Juara III
Aura Zulaikha
(MTsN 1 HSS)
Judul : Menguak Rahasia dibalik Lezatnya Kuliner Khas HSS

Harapan I
Syafa Nabila
(SMPN 1 Kandangan
Judul : Wisata Masjid Sua’da (Masjid Baangkat)

Harapan II
Alya Rasya Karima
(SMPN 1 Kandangan)
Judul : Taman Palidangan Sehati

Harapan III
Ahmeed Ziad Fedayeen Kalimantanu
(SMPN 1 Kandangan)
Judul : Pasar Kandangan

Harapan IV
Eva Septianingrum
(SMPN 1 Kandangan)
Judul: Kuliner Kota Dodol Asli Kandangan

Harapan V
Nor Khaliza Fitria
(MTsN 1 HSS)
Judul : Dibalik Beduk Kecil Mesjid Su’ada

Selamat kepada para pemenang. Harapan ke depan, semoga ajang ini akan mendorong kreatifitas jurnalistik pelajar serta memacu minat mereka untuk ikut berperan dalam mengenalkan dan promosi destinasi wisata unggulan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *