Penututupan Bimbingan Manasik Haji Jamaah Calon Haji Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Tahun 2017 -Bertempat di Masjid Ar Raudhah Kandangan

Bimbingan Manasik Haji yang dibuka pada 5 Juli lalu, kini telah resmi ditutup. Penutupan Bimbingan Manasik Haji Jamaah Calon Haji Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Tahun 2017, digelar pada Kamis (20/7/2017), bertempat di Masjid Ar Raudhah Kandangan. Kegiatan tersebut dirangkai dengan Shalat Hajat, pembacaan Do’a, Yasin dan Shalawat bersama, serta Tausyiah dari KH A Syairazi.

Dalam tausyiahnya, KH A Syairazi menyebutkan tanda-tanda orang yang mendapatkan haji mabrur. Diantaranya, akan menjadi pribadi yang berjiwa sosial, suka membantu dan menolong orang lain, akhlaknya berubah menjadi lebih baik, benci kepada maksiat, serta gemar akhirat. Dijelaskannya, hal tersebut merupakan dalil dari Rasulullah SAW. Selain itu, KH A Syairazi juga mengatakan, dengan mendapatkan haji yang mabrur, seseorang akan mendapatkan umur yang berkah, dipanjangkan rezeki, dipelihara diri dan keluarganya dari kefakiran, meninggal dunia dalam keadaan khusnul khatimah, serta mendapatkan jaminan surga Allah SWT. “Beruntunglah bagi bapak ibu karena dianugerahi Allah untuk menunaikan ibadah haji,” ujar KH A Syairazi. Diakhir tausyiah, dirinya juga berpesan kepada para jamaah agar menghindari perdebatan, menjaga emosi serta mendo’akan HSS menjadi Kabupaten yang aman, damai dan sejahtera.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten HSS Drs H Matnor MPd mengharapkan, semoga jamaah yang mengikuti manasik haji nantinya bisa melaksanakan ibadah haji sesuai ketentuan serta mendapatkan haji yang mabrur. Dalam kesempatan tersebut, H Matnor juga memperkenalkan para petugas yang akan mendampingi para jamaah, termasuk Ketua Kloter, Tim Kesehatan dan Pendamping haji. Dijelaskannya pula, jamaah calon haji HSS seluruhnya berjumlah 349 orang dan 5 orang petugas. “Seiring berjalannya waktu, jamaah kita mendapatkan tambahan 7 orang. Jadi seluruhnya berjumlah 361 orang,” paparnya.

Sementara itu, Bupati HSS Drs H Achmad Fikry MAP dalam sambutannya mengatakan, secara keilmuan jamaah sudah mendapatkan bekal dalam melaksanakan ibadah haji. “Sekarang tinggal menghitung hari menunggu keberangkatan menuju tanah suci,” ujar Bupati. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten HSS memfasilitasi keberangkatan dari daerah ke embarkasi dan kepulangan para jamaah. Hingga saat ini, fasilitas telah dipersiapkan dan berusaha untuk bisa melayani jamaah dengan baik. “Semoga jamaah mendapatkan haji yang mambrur,” harap Bupati.

Acara Penutupan Bimbingan Manasik Haji Jamaah Calon Haji Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Tahun 2017, ditandai dengan penyerahan bendera kloter dari Bupati HSS kepada Ketua Kloter 4 Kabupaten HSS, Drs Abdul Haris. Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD Syamsuri Arsyad, Forum Korodinasi Pimpinan Daerah Kabupaten HSS, Ketua MUI KH Muhyar Dahri BA, Camat Kandangan Ronaldy Prana Putra SSTP MSi, jajaran Pemerintah Kabupaten HSS terkait, serta perwakilan dari BRI cabang Kandangan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*