Bupati Teken NPHD Pilkada HSS

HULU SUNGAI SELATAN- Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) akhirnya menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten HSS, Senin (31/7).

Penandatangan NPHD tersebut, untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) bupati-wakil bupati pada 2018 mendatang.
Penandatangan NPHD langsung ditandatangan oleh Bupati HSS Drs H Achmad Fikry, M.AP dengan Ketua KPU Kabupaten HSS Imron Rosadi, yang disaksikan Ketua KPU Provinsi Kalsel Samahudin Muharram.

Ketua KPU Kabupaten HSS Imron Rosadi mengatakan, anggaran sebesar Rp.Rp.20.659.426.456 untuk penyelenggaraan pilkada bupati-wakil bupati, sesuai dengan ketentuan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Dana pilkada bupati-wakil bupati yang kami usulkan tidak melampauan ketentuan Kemendagri,” ujarnya.

Dijelaskannya, dana yang dihibahkan oleh Pemkab tersebut, dibagi menjadi tiga, tahap I melalui APBD 2017 Rp.4.272.010.000, tahap II melalui APBD Perubahan 2017 sebesar Rp.1.000.000.000 dan tahap II melalui APBD 2018 senilai Rp.15.387.416.456.

Imron berharap, dengan dana tersebut, nanti pelaksaan pemilihan bupati-wakil bupati pada 2018 mendatang, bisa berjalan lancar, dan masyarakat bisa memilih bupati terbaik, sesuai dengan keinginan rakyat.

Sementara itu, Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan NPHD pilkada bupati-wakil bupati diberikan kepada KPU sesuai dengan ketentuan undang-undang. “Pencairan dana NPHD nanti dilakukan sesuai dengan tahapan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pilkada,” ujarnya.

Dikatakan bupati, sesuai dengan ketentuan undang-undang, pemerintah berkewajiban memfasilitasi penyelenggaraan pentas demokrasi, yang dilaksanakan setiap lima tahun.

Karena itu, sebagai pemerintah pihaknya akan memfasilitasi KPU yang akan menyelnggarakan pilkada bupati-wakil bupati, sesuai dengan permintaan pihak penyelenggara. “Kami akan fasilitasi pelaksaan pilkada, sesuai dengan permintaan KPU,” ujarnya.(kominfo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*