BERSAMA WAKIL KETUA DPRD KALSEL, WABUP HSS SOSIALISASIKAN PEMBINAAN IDEOLOGI PANCASILA DAN WAWASAN KEBANGSAAN

Berita HSS Berita Lainnya sosialisasi wakil bupati

Last Updated on 11/23/2021

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan M. Syarifuddin, SE, M.AP bersama rombongan hari ini mengadakan Sosialisai Pembinaan Ideologi Pancasila Dan Wawasan Kebangsaan bagi para remaja dan pelajar, khususnya anggota Pramuka Kwartir Cabang HSS. Acara ini digelar selepas Ashar bertempat di Gedung Pramuka, Jl. Mawar, Kandangan. (Senin, 22/11)
Dalam.kesempatan ini dirinya tampil sebagai pembicara atau narasumber pertama dan menyampaikan tentang pilar kebangsaan, khususnya tentang Pancasila dan sejarahnya .
“Kita hidup dalam era globalisasi digutal yang bergerak begitu cepat, sehingga pemahaman akan nilai-nilai Pancasila harus selalu digaungkan, agar remaja penerus bangsa mampu membentengi diri dari ideologi luar yang ingin merusak tatanan bangsa ini” ujarnya
Sementara itu Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, S.AP, MA yang tampil sebagai narasumber berikutnya memaparkan tentang jiwa nasionalisme.
“Sebagai anggota pramuka, kitalah nestinya yang harus menjadi pelopor daripada menjaga ideologi bangsa ini Karena norma-norma yang dianut oleh pramuka itu sendiri ibarat kelapa, adalah santannya murni merupakan nilai dan hakikat dari pengamalan Pancasila” ucapnya semangat.
Karena Dasa Dharma Pramuka itu merupakan pengejawantahan dari nilai Pancasila. Pramuka ini adalah salah satu garda terdepan benteng nasionalisme NKRI.
Apalagi bagi warga HSS, urusan berbangsa dan bernegara sebenarnya tak oerlu diragukan lagi, karena hal ini sudah dibuktikan dengan kemampuan daerah ini yang tetap bergabung dengan NKRI melalui Proklamasi 17 Mei. Yang tak kalah penting saat ini adalah mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya. Salah satu harapan itu ada di pundak para Pramuka.
Sementara pemberi materi lainnya ada pula Ketua MUI HSS , Ustadz Dr. Diny, Mahdany yang juga punya basic pramuka. Dirinya lebih banyak memberikan materi tentang sejarah terbentuknya Pancasila yang berasal dari Piagam Jakarta dan hubungannya dengan ummat Islam di Negara ini.
Sedangkan Habib Hadid Al-Idrus yang tampil sebagai pembicara terakhir menyampaikan tentang pentingnya pendidikan akhlak bagi generasi muda sekarang ini, sebagai bekal di masa depan.
“Kalau kita ingin melihat kondisi suatu bangsa ke depan, maka lihatlah generasi mudanya sekarang .Karena di tangan pemuda sekaranglah, nasib bangsa dan negara ini dipertaruhkan. Pramuka sebagai salah satu wadah para remaja, dengan segala wawasan kebangsaannya, tentu menjadi harapan terdepan untuk tegaknya negara ini” paparnya.
Acara Sosialisasi ini sendiri diikuti oleh para Pramuka Penegak anggota Gugus Depan Pramuka Kwarcab HSS. Di akhir acara, para remaja ini sangat antusias bertanya saat diadakan acara sesi dialog dengan para narasumber.
(Kominfo-HSS/AJP/22112021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *