BUPATI HSS MENCANANGKAN GERAKAN INDONESIA MEMBACA & KAMPUNG LITERASI PADA DESA PANDULANGAN

Berita HSS bupati

Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar pencanangan Gerakan Indonesia Merdeka (GIM) dan penetapan Desa Pandulangan Kecamatan Padang Batung menjadi Kampung Literasi tempat diterapkannya GIM, Bertempat di halaman SD Pandulangan. Sabtu 1 Desember 2018.

Dengan beberapa kali pukulan gong secara simbolis oleh Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs.H.Achmad Fikry,M.AP mencanangkan Gerakan Indonesia Merdeka (GIM) dan menetapkan Kampung Literasi kepada Desa Pandulangan Kecamatan Padang Batung.

Acara ini juga dihadiri Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Keseteraan Dr.Abdul Kahar, Kepala Pengajian dan Pemasyarakat Minat Baca Dra.Nani Huryani, M.Si, Kepala BP-PAUD dan Dikmas Prov.Kalsel Dr.E.Dede S, M.Pd, Ketua DPRD Kab.HSS H.Akhmad Fahmi, SE, Dandim 1003 KDG Letkol.Inf.Suhardi Aji Sriwijayanto, Pj.Sekda HSS Drs.H.Hubriansyah,M.AP, Ketua TP PKK Kab.HSS Hj.Isnaniah Achmad Fikry, Wakil Ketua TP PKK Kab.HSS Srie Astuti Syamsuri,SKM, para kepala SOPD kab.HSS dan para camat HSS serta warga masyarakat setempat.

Dalam laporan Kepala Dinas Pendidikan kab.HSS Nordiansyah, S.Sos, M.Si menyampaikan GIM adalah kegiatan membangun budaya baca masyarakat yang diselenggarakan secara lintas sektoral dengan melibatkan berbagai elemen yang ada di masyarakat serta mitra SKPD Dinas Pendidikan, seperti Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan, serta dengan bertujuan untuk membangun komitmen pemerintah kabupaten dalam meningkatkan budaya masyarakat dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengembangkan budaya baca sebagai bagian dari program kampung literasi. hal lnl sejalan dengan salah satu program unggulan pemerintah kabupaten hulu sungai selatan dalam RPJMD 2018-2023, yakni ” Program Peningkatan Budaya Baca ”.

Beliau juga menyampaikan penetapan desa Pandulangan, kecamatan Padang Batung sebagai kampung literasi, dilatar belakangi bahwa di desa ini terdapat pusat kegiatan belajar masyarakat ( PKBM ) ” SERUMPUN ” yang aktif dan telah berjalan dengan baik dan memiliki berbagai program kerja untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi warga desa pandulangan. seperti : program paket b, paket c, program keaksaraan fungsional usaha mandiri, perpustakaan desa dan sebagainya.

Dalam sambutannya Bupati HSS Drs.H.Achmad Fikry, M.AP menyampaikan penghargaan terimakasih atas beberapa kebijakan pemerintah pusat yang telah memberikan kesempatan kabupaten HSS sebagai daerah Gerakan Indonesia Membaca Dan Kampung Literasi serta mudah mudahan diberikan makna yang terdalam yang peduli terhadap dunia pendidikan untuk mengubah mainset dalam menangani anak-anak dalam proses belajar mengajar.

Disampaikan pula kebijakan pemerintah daerah sudah setahun lebih untuk memberikan ruang kepada keluarga untuk berkumpul dengan anak, dengan bekerjasama dengan pemilik tv kabel untuk menghentikan siaran menjelang magrib dan setelah isya baru disiarkan kembali, ini sesuatu yang bisa dimaknai dengan dalam meskipun waktu begitu singkat tetapi memberikan ruang dan waktu kepada keluarga untuk bisa bercengkerama dengan anak-anaknya, termasuk juga mendorong mempergunakan waktu untuk membaca.

Beliau juga mengatakan menjelang hari pendidikan tanggal 2 mei kita akan mengadakan lomba secara berjenjang untuk membuat sinopsis baik dilingkungan sekolah, lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat, sehingga kita tidak hanya mencanangkan tetapi paling lambat 2 mei pada saat hari pendidikan nasional kita sudah bisa memgumumkan bahwa Hulu Sungai Selatan benar benar menindak lanjuti Gerakan Membaca Dan Kampung Literasi dengan cara kita mengsaimbarakan dan menglombakan pembuatan sinopsis sesuai dengan jenjang pendidikan.

Diakhir disampaikan pula kegiatan ini sejalan dengan visi misi 5 tahun kedepan untuk menciptakan mewujudkan kabupaten HSS Cerdas, Inovatif, Teknologis dan Agamis,serta salah satu untuk meningkatkan aksibilitas dan kualitas pelayanan dibidang pendidikan kesehatan dan kebutuhan mendasar lainnya, sehingga gerakan membaca dan kampung literasi merupakan kado ulang tahun kabupaten HSS ke-68 ,mudah mudahan akan dapat bisa kita evaluasi pada tahun depan sejauh mana gerakan membaca dan kampung literasi memberi arti dan makna bagi mencerdaskan anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *