Bupati Hulu Sungai Selatan melaksanakan Vicon bersama Pengurus Besar Perhimpunan Nefrologi Indonesia Korwil Jawa Timur dan Kalimantan

Berita HSS Berita Lainnya bupati

Last Updated on 01/14/2022

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP didampingi Sekretaris Daerah Kab. HSS melaksanakan Vicon bersama Pengurus Besar Perhimpunan Nefrologi Indonesia Korwil Jawa Timur dan Kalimantan di Ruang Media Center Setda HSS. Kamis (13/01).
Dalam kesempatan tersebut Bupati mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Koordinator Wilayah Pernefri Jawa Timur dan Kalimantan Selatan dr. Pranawa, Sp.PD-KGH yang telah menerima tim yang dikirimkannya untuk mendapatkan konsultasi terkait pelayanan hemodialisa (cuci darah) yang rencananya akan dijalankan pada RSUD Daha Sejahtera.
Ia juga menjelaskan keinginannya untuk memberikan pelayanan hemodialisasi di RSUD Daha Sejahtera, guna memberikan fasilitasi yang mudah dijangkau baik dari segi pelayanan maupun biaya perjalanan.
Keinginannya tersebut ia terangkan berawal pada tahun 2019, yang mana banyak pasien sekitaran daha sejahtera yang ingin cuci darah mengharuskan mereka untuk pergi ke ibukota dengan jarak tempuh 30km belum lagi terhitung pulang pergi dan biaya yang akan mereka keluarkan untuk memenuhi kebutuhan cuci darah 2x dalam seminggu.
Dengan kondisi tersebut, ia mengatakan kebijakan yang ia terapkan dari tahun 2019 sampai dengan sekarang adalah dengan memberikan pelayanan antar jemput dengan bus milik pemda kepada pasien yang ingin cuci darah, sehingga terjaminnya pelayanan hemodialisasi mereka untuk dilakukan 2x dalam seminggu.
“Alhamdulillah dengan proses yang panjang, semoga konsultasi yang dilakukan dinas kesehatan kabupaten dan direktur rumah sakit daha sejahtera yang dibawah perdampingan Bapak Rudi bisa memberikan gambaran dan kesiapan pelayanan hemodialisa pada rumah sakit daha sejahtera,” harap Bupati.
Menutup sambutan, Bupati juga berharap dengan keingingan besar yang ia harapkan bisa terus mendapatkan bimbingan dan pendampingan dari dr. Pranawa maupun Dr. dr. H. M. Rudiansyah, M.Kes, SpPD-KGH, FINANISM selaku Perwakilan Pernefri Korwil Jatim Dan Kalsel dalam melengkapi dan meningkatakn fasilitas kesehatan di Hulu Sungai Selatan.
Sementara dr. Pranawa, Sp.PD, K-GH memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kabupaten Hulu Sungai Selatan terhadap pengembangan pelayanan Hemodialisis di RSUD Daha Sejahtera.
lebih lanjut ia menyampaikan beberapa aspek aspek yang harus dipenuhi untuk dapat memberikan pelayanan Hemodialisis, yaitu:
1. Pelayanan Hemodialisis yang diberikan
2. Ketenagaan
3. Sarana dan Prasarana
4. Mesin hemodialisis, alat kesehatan lainnya serta obat dan bahan habis pakai. Termasuk juga tentang perjanjian kerjasama operasional hemodialisis dengan pihak ketiga
5. Letak dan denah unit hemodialisis
6. Administrasi pelaporan
Aspek-aspek tersebut harus dipenuhi untuk memberikan pelayanan hemodialisis yg sesuai dengan standar dan memenuhi aspek keselamatan pasien.
Harapan beliau RSUD Daha Sejahtera segera memperbaiki dokumen kemudian disampaikan ke sekretariat Pernefri dengan terus konsultasi dan koordinasi dengan perwakilan Pernefri wilayah jawa timur dan kalimantan yaitu Dr. dr. M. Rudiansyah, M. Kes, Sp. PD K-GH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *