Bupati Serahkan Kunci Bedah Rumah

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs.H.Achmad Fikry,M.AP menyerahkan kunci rumah kepada Megawati yang merupakan kader PKK yang aktif di Desa Malutu Kecamatan Padang Batung sebagai penerima bantuan bedah rumah TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2016.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Pokja II TP PKK Provinsi Kalsel Zainab,M.Pd beserta rombongan, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj.Isnaniah A Fikry, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten HSS Hj.Zaitun Ardiansyah,S.Ag, Wakil Ketua II Hj. Rabiatul Adawiyah M Ideham beserta pengurus, Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan Drs.H. Hubriansyah,M.AP, Kepala Dinas Pertanian Ir.H.Fathurahman, MP, Kepala Dinas Perikanan Ir. H. Saidinoor, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir.H.Ruhaimi Alman,MP, Camat Padang Batung beserta jajaran, Ketua TP PKK Kecamatan Padang Batung beserta pengurus.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan apa yang dilakukan TP PKK sangat patut diapresiasi, dikarenakan sudah sepantasnya semua masyarakat HSS mendapatkan rumah yang layak huni. Beliau mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu program bedah rumah tersebut.

Kemudian Bupati menyampaikan bahwa di HSS ada program rumah sejahtera dengan anggaran sebesar Rp. 13.908.000. Dimana untuk tahun 2016 ada 1.000 buah rumah dengan mendekatkan rumah sehat sampai ke WC, sehingga semua rumah masyarakat HSS bisa dikategorikan rumah layak huni.

Upaya Pemerintah Kabupaten untuk mensejahterakan masyarakat HSS terus dilakukan seperti pemberian beras sejahtera gratis, jaminan hidup untuk lansia sebesar Rp 225.000/bulan, anak wajib sekolah, berobat gratis dan juga bantuan usaha produktif. Bupati berpesan agar rumah tersebut bisa dirawat dan dijaga serta halaman bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Bersyukurlah kepada Allah atas pemberian program bedah rumah ini,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Pokja II TP PKK Provinsi Kalsel Zainab,M.Pd dalam sambutan tertulis Ketua TP PKK Provinsi Kalsel menyatakan bahwa kegiatan bedah rumah ini merupakan kerjasama antara TP PKK provinsi Kalsel dan Bank Kalsel dengan program CSR nya. Dimana semua Kabupaten Kota mendapatkan bantuan bedah rumah masing-masing sebanyak 1 buah rumah dengan biaya sebesar Rp 40 juta.

Menurutnya kepedulian untuk menangani masalah rumah tidak layak huni tersebut diharapkan terus ditingkatkan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Kota, dunia usaha, LSM maupun elemen lainnya.

Dari hasil monitoring TP PKK Provinsi beberapa waktu lalu telah menunjukan progres yang sangat menggembirakan. Dimana standarisasi rumah layak huni jadi manfaat dalam mensejahaterakan masyarakat yang tidak mampu agar dapat dirasakan.
Sebelumnya Camat Padang Batung H.Akhmad Suriani,S.Sos mengucapkan selamat datang di Desa Malutu di RT 1, RK 1 tepatnya di rumah Megawati. Dimana rumah Megawati merupakan salah satu rumah yang mendapatkan program bedah rumah dari TP PKK Provinsi Kalsel.

Kegiatan bedah rumah tersebut disamping bantuan dari TP PKK Provinsi Kalsel sebesar Rp. 40 juta dan juga telah menyerap swadaya masyarakat yakni untuk pembangunan teras rumah sebesar Rp 2.950.000 dan dana gotong royong selama kegiatan sebesar Rp. 3 juta. Bantuan kolam ikan, 300 ekor bibit ikan patin, terpal dan 1 sak makanan ikan dari Dinas Perikanan. Selain itu juga ada bantuan 12 pohon terong, 8 pohon cabe rawet, 8 pohon cabe besar, tomat 5 pohon dan pupuk 6 sak serta polibek dari Dinas Pertanian. Ada juga bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan berupa 7 buah daun bawang, 9 pohon tomat, 19 pohon cabe rawet dan 11 pohon cabe besar. (Protokol & Humas HSS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*