Bupati & Wakil Bupati HSS Hadiri Acara Optimalisasi Transaksi Non-Tunai

Berita HSS bupati

Kandangan, – Bertempat di Pendopo Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP dan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad, S.AP menghadiri acara “Optimalisasi Transaksi Non Tunai”. Rabu (03/10/18)

Transaksi non tunai merupakan pemindahan sejumlah dana dari satu pihak ke pihak lain dengan menggunakan instrument berupa alat pembayaran, seperti Kartu, Cek, Bilyet Giro, Uang elektronik atau sejenisnya. Untuk mendorong Transparansi atau Akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, maka seluruh pemerintah daerah di seluruh Indonesia perlu segera melakukan percepatan Implementasi Transaksi non tunai dalam pengelolaan keuangan daerah.

Dalam sambutannya Bapak Bupati HSS menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para tamu kehormatan yang sangat berjasa untuk pembangunan Kabupaten HSS, yang pertama Bank Kalsel selama ini membackup kita dalam proses pengelolaan keuangan kas daerah, Perwakilan BPKP selama ini membantu kami mendampingi dengan Simdanya dan dengan program lainnya sehingga Kabupaten HSS mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian selama lima tahun berturut-turut, sedangkan Bank Indonesia sudah sejak awal mencoba membantu meningkatkan kesejahteraan para petani dan mengangkat inflasi dengan wujub bantuannya dengan mengintervensi para petani cabai merah di Kecamatan Telaga Langsat.

Adapun manfaat dari transaksi non tunai yaitu untuk mendorong transparansi atau akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah :
1. Mencegah peredaraan uang palsu
2. Menghemat pengeluaran Negara
3. Mencegah transaki illegal (Korupsi)
4. Meningkatkan sirkulasi uang dalam perekonomian
5. Mewujudkan tertib administrasi pengelolaan kas

Turut hadir pada acara ini Kepala perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalsel Bpk Herwanto, Direktur Kepatuhan Bank Kalsel Bpk IGK Prasetya, Ketua DPRD HSS Bpk H. Akhmad Fahmi, SE, Pemimpin Bank Kalsel cabang Kandangan Bpk Andhy Andriawan, Kepala perwakilan Badan Pengawasan Keuangan & Pembangunan Prov. Kalsel Bpk. Selamat Simanullang, Ak. MBA. Kepala SKPD lingkup HSS, Para camat kabupaten Hulu Sungai Selatan dan seluruh tamu undangan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *