GRAND FINAL UTUH ALUH HSS 2021

Berita HSS Berita Lainnya wakil bupati

Last Updated on 08/26/2021

Grand Final Pemilihan Utuh Aluh HSS Tahun 2021 digelar hari ini oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. HSS di Gedung Pramuka Kab. HSS, Senin (23/08/2021).
Tampak turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kab. HSS Hj. Siti Erma, S. Sos, Perwakilan Bank Kalsel, Perwakilan Kodim 1003 / Hulu Sungai Selatan dan juga Polres Hulu Sungai Selatan.
Kadis Disdikbud HSS Hj. Siti Erma, S.Sos dalam laporannya menjelaskan, pemilihan Utuh Aluh HSS ini merupakan salah satu ajang pengembangan bakat yang mana tidak terbatas pada rutinitas dan kompetisi penampilan fisik semata. Peserta juga diperhitungkan kualitas diri, seperti intelejensi, ketrampilan, pengetahuan dan bakat di bidang seni budaya daerah.
Kegiatan ini sudah melalui berbagai tahap sesuai prosedur, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
Dilaporkannya juga bahwa jumlah peserta yang mengikuti Utuh Aluh HSS 2021 dari tahap pertama seleksi yang dilaksanakan di Aula Sehati Disdikbud Kab. HSS hingga pemilihan sebanyak 36 orang.
Sementara itu, dalam sambutan Bupati HSS yang disampaikan oleh Wabup Syamsuri Arsyad, S. AP, MA saat acara, sangat mengapresiasi jajaran Disdikbud HSS atas suksesnya penyelenggaraan pemilihan Utuh Aluh HSS 2021.
“Melalui kegiatan ini diharapkan salah satu tujuan yang dicapai adalah mengajak dan mengajarkan generasi muda kita di HSS ini agar lebih mengetahui dan memahami tentang adat dan budaya serta kearifan lokal masyarakat dan daerah kita,” ucap Wabup.
Selain itu diharapkannya ajang ini bisa menjadi wadah untuk melestarikan nilai-nilai budaya daerah, sekaligus mengembangkan dan mempromosikan potensi daerah beserta seni budayanya, juga tempat mengasah kemampuan diri.
Bupati H. Achmad Fikry melalui sambutan beliau, berpesan agar Utuh Aluh HSS dapat melestarikan budaya daerah juga untuk pengembangan potensi, bakat, kreatifitas dan kecerdasan para generasi muda.
Diharapkan juga, ajang ini akan menghasilkan Duta Wisata yang mampu mempromosikan dunia wisata HSS dan mengajak warga untuk menjaga budaya sendiri.
“Selanjutnya, pemilihan ini agar tidak hanya menjadi rutinitas semata, namun hendaknya terus dilakukan perbaikan dan pengaturan program bagi para Utuh dan Aluh agar setelah selesai menjadi Utuh dan Aluh mereka dapat memberikan sumbangsihnya dalam pembangunan di daerah kita,” tutup Wabup dalam sambutannya.
Dan berikut daftar pemenangnya, Utuh Aluh HSS 2021 adalah Nawaz Syarif dan Norbaiti, Wakil I M. Alfi Syahrin dan Siti Karima, Wakil II Hendri Gigih Saputro dan Maria Ulfah, Wakil III Taufik Hidayat dan Yunita Lailiyani, Wakil IV Akhmad Hujaji dan Rhezha Naimatun Naim, kemudian di posisi Wakil V ada M. Saiful Akhyar dan Nur Ihya.
Selanjutnya Utuh Aluh Bebakat diraih oleh M. Syaiful Akhyar, Utuh Aluh Terfavorit M. Alfi Syahrin dan Nur Ihya, serta Duta Museum Rakyat HSS Nawaz Syarif dan Siti Karima.
(KOMINFO/HSS/SR/2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *