Kabupaten Hulu Sungai Selatan Raih APE 2020 Kategori Pratama

Berita HSS

Last Updated on 10/14/2021

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Rabu (13/10).
Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 ini diikuti secara virtual di Media Center Setda Kab. HSS oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. HSS Drs. Sasmi Rifani, M.AP didampingi Kepala Bappelitbangda M. Arliyan Syahrial, M.IP dan Plt. Dinas PPKBPPPA Hanti Wahyuningsih, SKM, MPH.
APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.
Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG).May be an image of screen and indoor
Kabupaten Hulu Sungai Selatan mendapatkan Penghargaan APE Kategori Pratama tahun 2020, ini merupakan pertama kalinya Kab. HSS mendapatkan penghargaan APE.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. HSS Drs. Sasmi Rifani, M.AP mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) telah memberikan kategori Pratama terhadap Kab. HSS dan semoga tahun depan ada peningkatan untuk kategori ini, juga diharapkan dukungan dari pemerintah serta masyarakat dalam rangka pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.May be an image of 3 people, people standing and indoor
Kemudian terkait rencana ke depan, Kepala Bappelitbangda M. Arliyan Syahrial, M.IP menjelaskan akan menguraikan lebih lanjut dari hasil penghargaan ini terkait dengan implementasi pemberdayaan perempuan. Sebenarnya sejak dulu di Kab. HSS sudah ada pemberdayaan perempuan terkait dengan bidang pekerjaan seperti yang di UMKM, juga seperti pertanian, pengrajin dan lainnya, itu nanti akan dimunculkan sebagai salah satu subsektor yang sangat menyumbang terhadap perekonomian yang ada di Kab. HSS.
“Jadi dengan adanya penghargaan ini maka nantinya akan dapat mengevaluasi kelemahan yang ada ditempat kita untuk dilakukan perbaikan agar hal-hal yang lemah tadi tidak terulang lagi pada kesempatan berikutnya,” ucapnya.May be an image of 1 person, standing, headscarf, indoor and text that says 'PEMERINTAH KABUPATEN LU SUNGAI SELAT'
Lebih lanjut Plt. Dinas PPKBPPPA Hanti Wahyuningsih, SKM, MPH mengungkapkan Kab. HSS tahun ini pertama kalinya mendapatkan penghargaan APE dengan kategori pratama.
“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk kedepannya bagaimana kita akan meningkatkan program kegiatan yang responsif gender dalam upaya untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender di Kabupaten Hulu Sungai Selatan,” tuturnya.
Ada Empat Kategori Penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE), yaitu:
1. Tingkat Pratama (Pemula)
2. Tingkat Madya (Pengembang)
3. Tingkat Utama (Peletakan dasar dan Keberlanjutan).
4. Tingkat Mentor
Sementara itu, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dinilai dari tujuh komponen kunci antara lain :
1. Komitmen (Perda PUG, Pergub PUG)
2. Kebijakan (RPJMD, Renstra OPD)
3. Kelembagaan (POKJA PUG, Focal POINT)
4. Sumber Daya Manusia dan Anggaran (SDM Terlatih PPRG dan Jumlah Anggaran Provinsi Responsif Gender)
5. Alat Analisis Gender (Gender Analisis Pathway (GAP) dan Gender Budgeting Statement (GBS)
6. Data Gender (Data Terpilah Perempuan dan Laki terkait berbagai hal dalam Sumbar satu Data )
7. Partisipasi Masyarakat (PUSPA : Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan Dan Anak, anggotanya : Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha dan Media)
(Kominfo-HSS/Agtf/13102021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *