KECAMATAN SIMPUR MENJADI TITIK PERTAMA MUSRENBANG RKPD TAHUN 2023

Berita HSS Berita Lainnya bupati wakil bupati

Last Updated on 01/12/2022

Di awal tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kab. HSS tingkat Kecamatan untuk Tahun 2023 mendatang.
Musrenbang tingkat Kecamatan merupakan tahapan kedua setelah sebelumnya dilaksanakan Musrenbang pada tingkat desa dan kelurahan. Musrenbang tingkat Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dilaksanakan dari tanggal 11 Januari 2022 s.d. 8 Februari 2022. Dimana pada kesempatan pertama ini Kecamatan Simpur dipilih menjadi titik pertama pelaksanannya. Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Simpur, pada Selasa (11/01/22).
Dengan adanya Musrenbang tingkat Kecamatan ini diharapkan dapat menjaring aspirasi masyarakat tentang kebutuhan pembangunan pada tahun perencanaan. Sehingga dalam pelaksanaan pembangunan daerah akan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Sebelum dibukanya Musrenbang Kecamatan Simpur ini, Bupati HSS terlebih dahulu menyerahkan Penghargaan Lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kepada beberapa desa di Kecamatan Simpur. Selain itu pada kesempatan yang sama juga diserahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Kec. Simpur.
Di awal kegiatan terlebih dahulu disampaikan laporan oleh M. Taufiqurrahman, S.STP, M.Si selaku Camat Simpur. Dalam laporannya beliau mengatakan pada awalnya usulan yang diterima untuk Kecamatan Simpur sangat banyak, namun pada kegiatan Pra-Musrenbang Tahun ini sudah dikerucutkan menjadi 33 usulan. Seluruh usulan tersebut mencakup Bidang Infrastruktur, Bidang Sosial Budaya, dan Perekonomian.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP didampingi oleh Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, Sekda Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP. Yang mana dalam sambutannya Bupati HSS mengatakan Musrenbang Tahun 2023 ini berfokus pada upaya penyelesaian perencanaan pembangunan daerah sebagai penjabaran visi dan misi Bupati 2018-2023.
Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP dalam wancaranya menjelaskan bahwa Musrenbang ini memadukan bottom-up dan top-down antara perencanaan dibawah dengan kebijakan pemerintah.
“Mudah-mudahan dengan diawali suasana yang bagus di Kecamatan Simpur ini akan selesai di 11 Kecamatan yang lain dan kita akan lanjut Musrenbang Kabupaten.” harap Buati HSS.
“Intinya adalah mengawal sampai target RPJMD kita selesai.” tutupnya.
Musrenbang Kecamatan ini dihadiri oleh perwakilan anggota DPRD Kab. HSS, Asisten 2 Setda Kab. HSS, Staf Ahli, para Kepala OPD lingkup Kab. HSS, Forkopimcam, Ketua TP-PKK Kec. Simpur, Kepala Instansi vertikal Kec. Simpur, para Kepala Desa beserta Ketua BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, Forum Anak, dan berbagai stakeholder terkait dengan pelaksanaan pembangunan di tingkat Kecamatan.
(KOMINFO/HSS/fsr/2022)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *