PEMKAB HSS GELAR APEL GABUNGAN BULANAN

Berita HSS

Last Updated on 08/05/2019

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali menggelar apel gabungan bulanan yang rutin dilaksanakan setiap bulannya di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten HSS. Adapun yang menjadi pembina apel gabungan bulan Agustus ini adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil H.Suriani,S.Sos,M.AP, Senin (5/8/2019). Turut hadir Sekretaris Daerah Drs.H.Muhammad Noor,M.AP, para Pejabat Tinggi Pratama, para Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas serta karyawan karyawati lingkup Pemkab HSS.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil H.Suriani,S.Sos,M.AP menyampaikan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu tugas-tugas Bupati dalam hal administrasi dokumen pengelolaan kependudukan dan pencatatan sipil yang berbasis database serta tugas-tugas yang diberikan oleh Bupati HSS. 
Kemudian Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengajak kepada seluruh masyarakat HSS, mari kita dengan sadar untuk menggunakan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil serta dengan sadar menggunakan dan memanfaatkan data kependudukan dan pencatatan sipil. Karena dengan menggunakan dan memanfaatkan data kependudukan dan pencatatan sipil, adalah salah satu upaya dalam rangka untuk melakukan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan. Selain itu, dokumen kependudukan ini dalam upaya untuk pemanfaatan dalam hal perencanaan pembangunan dan penganggaran serta dalam hal untuk Pemilu serta pengamanan dan pertahanan keamanan.

“Mari seluruh aparatur dari tingkat Desa, tingkat Kelurahan, tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten mengajak seluruh masyarakat HSS untuk melengkapi semua kelengkapan dokumen-dokumen kependudukan dan pencatatan sipil,” ajak Suriani. 
Selanjutnya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengungkapkan bahwa dokumen kependudukan salah satunya KTP Elektronik, kedepannya akan menjadi salah satu dokumen kependudukan yang bisa berfungsi untuk BPJS, ATM, dan semua yang mencakup masalah pelayanan publik. 
Lebih lanjut Suriani menyampaikan beberapa hal yang akan dilakukan kedepannya yakni akan melakukan pembuatan akta kelahiran online. Sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor untuk pembuatan akta kelahiran, bisa online dirumah. Selain itu dikatakannya ada inovasi yang dilakukan, salah satunya pembuatan KIA melalui via WhatsApp dalam rangka untuk mewujudkan pelayanan kepada masyarakat yang mudah dan cepat. Tahun 2020, akan ada ATM Pelayanan yang disebut dengan ATM Dokumen Kependudukan. Sehingga apabila ingin memprint atau mencetak akta kelahiran dan kartu keluarga cukup datang ke box-box ATM Dokumen Kependudukan, yang ada pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Usai Apel, Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Drs.H.Muhammad Noor,M.AP menyerahkan Surat Keputusan (SK) purna tugas, Tali asih dari Korpri Kabupaten HSS kepada Sekretaris DPRD Kabupaten HSS H.Zulkifli Taufik,SH,MH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *