PENCANANGAN KAMPUNG KB, DI DESA PARIGI KEC.DAHA SELATAN

Berita HSS

Kandangan – Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) semakin giat di laksanakan oleh Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Pada kesempatan ini, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad,M.P, meresmikan Pencanangan Kampung KB Desa Parigi Kecamatan Daha Selatan pada Kamis (22/11/2018). Desa Parigi menjadi desa yang turut mendeklarasikan program tersebut di Tingkat Kabupaten HSS untuk Tahun 2018. Bertempat di halaman kantor desa Parigi Kecamatan Daha Selatan.

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Bidang BKKBN Prov.Kalsel Ir.H.Ramlan,MA, Wakil Ketua TP PKK kab.HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad,SKM, Para Camat dan perwakilan camat sekab.HSS, ketua MUI kecamatan Daha Selatan serta seluruh masyarakat desa sekitar.

Dikegiatan ini juga dicanangkan 10 desa yang ada di 10 kecamatan dikabupaten HSS, dilanjutkan dengan peresmian Rumah Dataku desa Parigi serta dilanjutkan dengan peresmian secara simbolis 6 sekretariat Kampung KB di desa Parigi.

Pada laporan Kepala Badan KB Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak kab.HSS Dra.Hj.Is Susilastuti menyampaikan maksud dibentuknya kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung/desa atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana, pembangun keluarga dan pembangunan sektor terkait dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Disampaikan pula angka capaian kabupaten HSS untuk peserta KB aktif 38.379 peserta atau sebesar 78,61% dari pasangan usia subur 48.821 serta kampung KB yang sudah terbentuk sebanyak 22 buah kampung KB.

Beliau juga menyampaikan kampung KB dilengkapi juga dengan rumah dataku yang merupakan rumah data kependudukan yang difungsikan sebagai pusat data dan masalah kependudukan yang mencakup sistem informasi, yang bersumber Dari Oleh dan Untuk masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di kampung KB.

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad,M.P menyambut baik pencenangan desa Parigi ini sebagai kampung KB di Kabupaten HSS, beliau berharap melalui kampung KB ini dapat menjadi ujung tombak pelaksanaan program KB di kecamatan Daha Selatan.

Disampaikan juga bahwa kampung KB merupakan salah satu program pemerintah berbasis keluarga untuk membangun karakter bangsa indonesia. Serta keberhasilan program Kampung KB tidak bergantung penuh terhadap pemerintah saja, tetapi berhasil dan tidaknya program ini harus mendapat dukungan penuh dari semua stake holder terkait, terutama masyarakat Desa Parigi sendiri yang menjadi muara dari sasaran Program Kampung KB.

Beliau juga menyampaikan BPJS SEMESTA (GRATIS) tahun 2019 regulasi peraturan Perda sudah disahkan oleh DPRD kab.HSS dan dananya pun sudah disiapkan sebanyak 31 milyar untuk pengobatan gratis kelas 3 di Hulu Sungai Selatan. Oleh karena itu tugas Kepala Desa, Aparat desa dan pihak yg terkait silahkan mendata masyarakat.

Dikatakan pula berkenaan hari jadi Kabupaten HSS yg ke 68, pada tanggal 1 Desember akan mengadakan syukuran makan nasi samin bersama yang disediakan sebanyak 20.000, pada hari itu juga para Penjabat pemerintah beserta jajaran lingkup pemerintahan HSS mengenakan pakaian gamis seperti suasana ke arab-arab’an dan pada tanggal 2 Desember adalah kita melaksanakan puncak Hari Jadi kabupaten HSS ke 68 serta pada tanggal 7 Desember akan diresmikannya pembukaan Kandangan Expo, yang biasanya dibuka setelah acara puncak hari jadi, tapi dengan sehubungan menghormatinya bulan maulid maka Kandangan Expo dibuka pada tanggal 7 desember nanti. disampaikan pada saat rakor sebenarnya ada keinginan dari pemerintah untuk melaksanakan Hari Jadi dilaksanakan di Nagara, akan tetapi Stadion masih dalam renovasi dan tahap perbaikan, jadi mudah-mudahan tahun mendatang kita bisa melaksanakan Hari Jadi di Nagara.

Diakhir kegiatan Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad,M.P beserta Wakil Ketua TP PK Kab.HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad,SKM berfoto bersama dengan pasangan yang sedang viral yaitu Muhammad Riswan dan Fatimah (yg bisa dipanggil acil Mantili).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *