Potensi Usaha

Perekonomian merupakan sektor yang sangat penting dan menjadi salah satu fokus pemerintah dalam membuat berbagai kebijakan untuk mencapai kesejahteraan. Sedemikian pentingnya sektor perekonomian ini sehingga dalam setiap pembuatan kebijakan harus mempertimbangkan segala aspek yang mungkin dapat mempengaruhinya baik yang bersifat positif maupun yang bersifat negatif. Salah satu faktor pembentuk perekonomian adalah investasi, semakin besar investasi maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi. Dalam konteks pembangunan nasional maupun regional, investasi memegang peran penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi (Yonathan,2003).

Secara umum perkembangan investasi di daerah sangat tergantung dari daya tarik daerah atau wilayah, adanya iklim investasi yang sehat dan prosedur penanaman modal yang jelas. Oleh karena itu informasi mengenai potensi dan peluang investasi daerah sangat penting guna membuka informasi seluas-luasnya kepada masyarakat dan dunia usaha tentang peluang investasi yang ada di daerah sehingga menarik minat para investor untuk menanamkan modalnya di daerah guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah yang dalam jangka panjang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan lokasinya yang sangat strategis yakni di tengah-tengah wilayah Provinsi Kalimantan Selatan sehingga pola pengembangan terpusat sebagai “Banua Lima Center” sangat potensial. Diharapkan Kabupaten Hulu Sungai Selatan kedepan menjadi penyangga Kabupaten lain disekitarnya sehingga dengan potensi tersebut maka pengembangan sangat terbuka lebar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Penyebarluasan informasi mengenai potensi dan peluang investasi yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan sangat berguna untuk memberikan informasi yang seluas-luasnya tentang peluang usaha dan investasi dalam mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya sehingga dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Potensi dan peluang investasi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan di berbagai sektor antara lain pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, pertambangan, pariwisata, perindustrian dan perdagangann, dan melihat dari lokasi geografis Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang sangat strategis sangat berpotensi dalam mengembangkan sektor-sektor usaha.