PRESENTASI H. ACHMAD FIKRI UNTUK MENGANGKAT NAMA BAIK HSS

Layanan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan kepada masyarakatnya, dinilai Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi layak untuk dinominasikan dalam ajang penilaian inovasi layanan tingkat Nasional SINOVIK.

Tidak hanya satu yang berhasil lolos pada 99 inovasi top rangking, bahkan ada dua, yaitu inovasi layanan “Pro Master Go Sehati” (Program Rumah Sejahtera menuju Masyarakat Sejahtera, Agamis, dan Produktif), dan “Telat Berkemas” (Tetap Lestari Berdayakan Kelompok Masyarakat).
Kedua inovasi ini berhasil lolos karena dianggap memenuhi indikator Sinovik, yaitu: unik, berdampak manfaat yang tinggi, berkelanjutan, dan dapat direplikasi.
Kabupaten Hulu Sungai Selatan meloloskan 2 inovasinya dari 3054 inovasi yang ikut kompetisi. Satu-satunya Kabupaten yang lolos di Provinsi Kalimantan Selatan, 1 dari 3 Kabupaten se-regional Kalimantan, dan juga satu dari 33 Kabupaten yang berhasil lolos dari 500-an Kabupaten se-Indonesia.
Rabu, 3 Mei 2017 bertempat di Aula Sriwijaya I Gedung KEMENPAN RB di Jakarta menjadi ajang pembuktian HSS, dimana Bupati Hulu Sungai Selatan, Drs. H. Achmad Fikri, MAP didaulat mempresentasikan kedua inovasi tersebut dihadapan para Panelis kondang yang ditunjuk KemenPAN RB, yaitu: Bapak JB. Kristiadi (Seorang Doktor lulusan Sorbonne University – Perancis, mantan Ketua LAN – RI, dan pengamat politik dari Center For Strategik and Internasional Studies), Bapak Refli Harun, SH, MH, LL. M (seorang pakar Hukum Tata Negara, dan Peneliti pada Centre of Electoral Reform), dan Bapak Wawan Sobari, SIP, MA (dosen UniBraw Malang). Satu persatu pertanyaan dari para panelis tentang kedua inovasi HSS dijawab dengan lugas dan jelas oleh Bapak H. Achmad Fikri, baik pertanyaan tentang Keterlibatan masyarakat terhadap program, keberlanjutan program, sistem yang dibangun untuk memantabkan program, dan lain-lain. Penjelasan demi penjelasan dipaparkan oleh Beliau hingga para Panelispun merasa puas mendengar penjelasan Bupati yang tampil meyakinkan ini. Bahkan sampai-sampai Panelis Refli Harun memberikan attensinya lewat pantun “Makan ketan campur duren… Bupati Hulu Sungai Selatan memang kereen”.
Bupati juga menyampaikan bahwa inovasi pelayanan publik tersebut tidak hanya karena ada Kompetisi mengejar penghargaan demi penghargaan, akan tetapi lebih dari itu adalah karena Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan ingin terus berkomitmen dan berusaha memberikan layanan yang terbaik dan berkualitas untuk masyarakatnya, pungkas beliau.
Turut mendampingi pada acara tersebut Kadis Sosial Kab. HSS beserta jajarannya, Kadis Perikanan Kab. HSS beserta jajarannya, dan beberapa Kepala OPD Kab. HSS. (catatan@bi, 3/5/17)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*