Rakor Bidang Kesehatan

Berita HSS

Bertempat di Aula Rakat Mufakat Sekretariat Daerah, pagi ini Jum’at (21/12/2018) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Drs. H. Achmad Fikry, M. AP memimpin jalannya Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan yang membahas 3 hal bidang kesehatan, yakni : Kabupaten Hulu Sungai Selatan Sehat, Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Lomba Sekolah Sehat. Rapat ini dihadiri pula oleh Pejabat Sekda HSS, Drs. H. Hubriansyah, M.AP, diikuti oleh seluruh Kepala OPD Lingkup Pemkab HSS, Para Camat, Jajaran Dinas Kesehatan dan Kepala Sekolah terkait.

Dalam arahannya H. Achmad Fikry mengingatkan keinginan untuk menjadi Kabupaten Sehat harus dimulai dari Desa dan Kecamatan terlebih dahulu.
” Percuma kalau Kabupatennya Sehat tetapi kecamatan dan desanya malah tidak selaras. Dan penghargaan bukan yang utama kita kejar, tetapi bagaimana meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan lingkungan, itulah yang utama” tegasnya.
Dalam hal ini sebagai pimpinan daerah, ia juga mengharapkan agar indikator capaian menuju Kabupaten Sehat harus dikerjakan secara Tim antar OPD. Semua indikator OPD hendaknya bisa dibagi ke masing-masing OPD yang terlibat sesuai aspeknya. Dan dengan bekerjasama seperti yang dilakukan selama ini, ia optimis hal tersebut tentu tidak mustahil dapat dicapai.

Mengenai Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Bupati juga menegaskan agar aturan-aturan yang sudah ada bisa maksimal ditegakkan. Perda yang sudah ada juga akan segera diperkuat dengan Perbup yang akan jadi perkuatan hukum dalam pelaksanaannya.

Tentang Sekolah Sehat, Kepala Dinas Kesehatan HSS, dr. Siti Zainab menyampaikan kabar gembira, bahwa Lomba Sekolah Sehat yang diadakan di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018, HSS mampu meraih predikat di semua tingkatan, mulai TK sampai dengan SLTA.
TK. Munggu Raya sebagai Juara II
SDN kandangan Kota 1 sebagai Juara III
SMPN 1 Kandangan sebagai Juara I
SMAN 1 Kandangan sebagai Juara II.
Pembahasan rapat di titik beratkan pada persiapan SMPN 1 Kandangan yang akan mewakili Kalimantan Selatan dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *