Sekda Kab. HSS Ikuti Sosialisasi SIPD dari Kemendagri

Berita HSS Berita Lainnya

Last Updated on 09/30/2021

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melaksanakan Sosialisasi SIPD (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah) Pendapatan secara daring melalui Aplikasi Zoom Meeting yang diikuti seluruh kabupaten/kota se Indonesia.
Di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, sosialisasi ini diikuti Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Sekda Kab. HSS) Drs. H. Muhammad Noor, M.AP dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Drs. H. Nanang, FMN, M.Si, bertempat di Media Center Setda, Rabu (29/09).
SIPD adalah suatu sistem yang mendokumentasikan pengadministrasian serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan pengambil keputusan dalam rangka perencanaan kedepan maupun pelaksanaan dan evaluasi daripada kinerja pemda tersebut. Sistem informasi secara online memudahkan pengguna untuk mengakses data di mana dan kapan saja.
Kepala BPKPD H. Nanang menjelaskan kegiatan hari ini dilaksanakan Kemendagri yaitu Dirjen Bina Keuangan Daerah dalam rangka rencana penerapan SIPD Pendapatan.
“Pada kegiatan ini disampaikan beberapa persoalan dan permasalahan berkaitan dengan rencana penerapan tindak lanjut daerah menggunakan aplikasi di masing-masing daerah,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Kepala BPKPD mengatakan terkait dengan Kab. HSS, sampai saat ini masih belum menerapkan secara murni SIPD pendapatan, hanya sampai perencanaan dan penganggaran. Untuk pendapatan belum dilaksanakan karena fungsi dari SIPD yang diterapkan di Kab. HSS belum sepenuhnya bisa dipakai.
“Berkenaan dengan ini, Insya Allah kita akan segera mencoba menyelaraskan SIPD ini sehingga di 2022 secara murni bisa kita terapkan di Kab. HSS,” tuturnya.
(Kominfo-HSS/Agtf/29092021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *