Tanam Penangkaran Kacang Tanah dan Kedelai Padang Parangan

Berita HSS

Bertempat di Desa Baru Kecamatan Sungai Raya, Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Dahnial Kifli, M.AP menghadirir kegiatan Silaturahmi Sekaligus Tanam Penangkaran Kacang Tanah dan Kedelai bersama dengan kelompok tani padang parangan. Rabu(01/08/2018)

Dalam kesempatan ini Penjabat Bupati berkesempatan mencoba secara langsung mesin kultivator yang merupakan mesin pertanian (alsintan) yang digunakan untuk pengolahan tanah sekunder, Beliau juga melakukan tanam bibit kacang tanah dan kedelai.

Ir.H.Fathurahman, MP selaku Kepala Dinas Pertanian menyampaikan bahwa tahun ini pihaknya melaksanakan kegiatan penangkaran benih kacang tanah seluas 10 hektar dan kedelai 15 hektar, varietas yang ditanam untuk kacang tanah adalah varietas tuban kemudian kedelai varietas anjasmoro.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyiapkan benih, untuk musim hujan 2018 – 2019 bulan oktober sehingga lahan yang bisa kita tanam pada saat ini untuk menyiapkan ada pada lahan tegalan yang saat ini biasa ditanam untuk holtikultural, yang saat ini kita manfaatkan untuk tanaman kedelai maupun kacang tanah sehingga nantinya pada bulan oktober ini sudah dipanen sehingga bisa untuk persediaan benih, kemudian pada bulan oktober nanti holtikultural akan kembali ditanam disini,” ucapnya.

Sementara Penjabat Bupati menyampaikan bahwa pihaknya mengharapkan bahwa kacang tanah dan kedelai ini bisa sama dengan padi, karena padi kita surplus kemudian kita malah kekurangan kedelai, minimal kita bisa memenuhi kebutuhan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Kita akan mulai memotivasi masyarakat untuk menanam selain padi tapi juga jagung dan kedelai, nanti kita akan bekerjasama dengan pihak TNI untuk dapat membuka dan mengolah lahan yang tidur.

“Pemerintah Kabupaten HSS menyambut baik kegiatan penanaman kacang kedelai dan kacang tanah pada hari ini, tentunya melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendukung program PAJALI (padi, jagung, kedelai) di Kabupaten HSS sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan kelompok tani selaku pelaksananya, jadi mudah-mudahan produksi meningkat pendapatan juga harus meningkat,” sambungnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dandim 1003/Kdg, Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto SE, Perwakilan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS, Ir H Fathurrahman MP beserta jajaran, Camat Sungai Raya, Susilo Adianto SSTP MSi, Para Penyuluh, masyarakat Desa Baru dan mahasiswa KKN ULM, Fakuktas Pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *