(TP. PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kab. HSS) menggelar Pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) di sebelas (11) Kecamatan se Kab. HSS secara bergiliran

Berita HSS Berita Lainnya

Last Updated on 10/21/2021

Guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kab. HSS) menggelar Pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) di sebelas (11) Kecamatan se Kab. HSS secara bergiliran.
Kamis (14/10/2021), giliran Kecamatan Daha Selatan yang disambangi TP. PKK Kab. HSS. Para Kader PKK Kecamatan, dan juga Desa diberikan pengetahuan untuk meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan Dasa Wisma dan Pusat Informasi Keluarga (PIK). Kemudian untuk meningkatkan keterampilan Pemanfaatan tanah pekarangan agar halaman menjadi Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA PKK), serta Pembuatan Bank Sampah.
Ketua TP. PKK Kec. Daha Selatan Nordasimah Nafarin, S. Pd menyampaikan Jumlah peserta yang mengikuti Pelatihan Dasa Wisma terdiri dari 35 orang peserta kader PKK, untuk PIK diwakili 20 peserta yang terdiri dari kader PKK desa dari Pokja I dan beberapa kader PKK Kecamatan, serta Bimtek Gerakan Hatinya PKK diikuti sebanyak 30 orang peserta.
Selanjutnya Ketua TP PKK Kec. Daha Selatan mengucapkan terimakasih kepada Ketua TP. PKK Kab. HSS beserta pengurus yang telah memberikan pelatihan serta Bimtek bagi kader kader yang ada di kecamatan daha selatan yang tentunya sangat bermanfaat bagi para peserta.
Beliau berharap dengan diadakan nya pelatihan ini para kader se – Kecamatan Daha Selatan bisa lebih aktif dalam pelaksanaan PKK di desa mengenai pendataan Dasa Wisma , PIK ,dan Gerakan Hatinya PKK di desa nya masing masing.
Sementara Wakil Ketua I TP. PKK Kab. HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad, SKM menyampaikan bahwa selain bimtek juga terdapat sosialisai PIK yang mencakup beberapa masalah, yakni masalah sosial yang tak lepas dari TP. PKK Kab. HSS, di antaranya putus sekolah, pencegahan kekerasan dalam rumah tangga (PKDRT) maupun masalah lain yang berhubungan dengan lingkungan keluarga.
Lebih lanjut Srie Astuti mengatakan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dapat dimulai dari rumah seperti pemanfaatan limbah atau sampah rumah tangga yang dipilah sehingga dapat bernilai ekonomis, selain itu beliau juga menyampaikan agar di tiap – tiap TP. PKK Desa dan Kecamatan memiliki Bank Sampah Induk (BSI).
Dalam kegiatan ini juga dirangkai dengan Bimtek pengolahan sampah rumah tangga kerjasama TP. PKK Kab. HSS dengan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) dengan penyampaian materi oleh Kabid Pengolahan Sampah Dispera KPLH Kab. HSS Yosi Rizal , ST, MA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *