WAKIL BUPATI BERIKAN PELATIHAN & PEMBINAAN MENTAL SATPOL PP HSS

Berita HSS

Kandangan – Tugas utama anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), adalah mengawal segala kebijakan dan Peraturan Daerah yang telah diterbitkan, untuk dilaksanakan oleh seluruh warga masyarakat. Dalam melaksanakan tugas ini, tak jarang para anggota pamong ini mengalami kendala dan dilema di lapangan, apalagi segala sesuatunya memang bersentuhan langsung dengan warga.

Untuk memberikan arahan dan motivasi bagi para pengawal roda pemerintahan ini, Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, S.AP, MA memberikan pembekalan berupa pelatihan dan pembinaan mental kepada seluruh anggota Satpol PP HSS, pagi ini (Rabu/21/11/2018) bertempat di Aula Praja Wibawa Kompleks Rumah Adat Banjar yang sekarang menjadi Kantor Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kab. HSS.

Sebagai pengantar, acara dibuka oleh Kepala Dinas Satpol PP HSS, Roni Rusnadi,SH,M.IP yang melaporkan kondisi Dinas yang dipimpinnya. Dalam arahannya Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, mengharapkan agar Satpol PP dalam melaksanakan tugasnya mengutamakan tugas secara berjamaah, semangat persatuan atau kebersamaan. Karena pekerjaan yang dilakukan secara berjamaah selain akan terasa ringan, juga itu sebagai pencerminan dari visi misi yang agamis. Nilai agamis tidak hanya dapat dilihat dari konseptual ibadah semata, tapi juga dalam pekerjaan dan kehidupan bermasyarakat sehari-hari.
“Dimanapun posisi kita dalam suatu kantor, hendaknya berpikir apa yang bisa kita lakukan secara maksimal sesuai tugas yang kita emban. Seseorang yang selalu berorientasi posisi, tidak akan bisa maksimal dalam menyelesaikan pekerjaannya” ucapnya.

Setelah akhir pembekalannya, sempat pula dilakukan dialog dengan para Anggota Satpol. Pertanyaan yang muncul seputar dilema pelaksanaan tugas di lapangan. Wakil Bupati menegaskan, dalam pelaksanaan tugas Satpol PP, hendaknya tetap mengedepankan sisi humanisme, berupa teguran atau pembinaan. Namun menurutnya, kalau semua itu sudah dilakukan, dan masih ada saja yang melanggar peraturan yang ada, maka Satpol PP diminta jangan ragu untuk bertindak. Siapapun yang melanggar harus ditindak tegas, dan dirinya siap berada di belakang untuk menyokong penegakan hukum. Untuk dirinya juga menyarankan kepada Dinas Satpol PP untuk membuat sebuah inovasi dengan memanfaatkan teknologi IT, guna mempermudah dalam pengawasan peraturan yang ada, khususnya dalam hubungan kerjasama dengan instansi yang terkait.
Sebelum berangkat untuk tugas berikutnya. Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, sempat berfoto bersama dengan seluruh Anggota Satpol PP HSS di depan Rumah Adat Banjar.

(Kominfo-HSS/AJP/21112018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *