Wakil Bupati HSS Hadiri Kegiatan Sosialisasi Kurikulum Pendidikan Kesadaran Hukum Tingkat SD dan SMP 2018

Berita HSS bupati

Kandangan, – Bertempat di ballroom hotel qiana inn Kecamatan Kandangan, Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, S.AP menghadiri kegiatan Sosialisasi Kurikulum Pendidikan Kesadaran Hukum Tingkat SD dan SMP hasil kerjasama Polres HSS dengan Dinas Pendidikan Kab. HSS.Rabu(03/10/2018)

Kepala Dinas Pendidikan Kab HSS Nordiansyah, S.Sos, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa tim perumus telah bekerja semalam 4-5 bulan terakhir untuk mengembangkan kurikulum ini.

Mengawali sambutannya, Wakil Bupati HSS menyampaikan permohonan maaf dari Bapak Bupati karena tidak bisa menghadiri kegiatan ini.

Kemudia Beliau berpesan apabila ada hal-hal yang perlu dikoordinasikan dengan Pemkab HSS agar segera disampaikan terkait dengan implementasi kurikulum pendidikan kesadaran hukum ini, karena menurut Beliau pengembangan kurikulum ini akan membawa dampak positif untuk Kabupaten HSS.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Kab. HSS AKBP Rahmat Budi Handoko, S.Ik menyampaikan bahwa ide kreatif pencanangan kurikulum pendidikan kesadaran hukum ini muncul dari konsep yang cukup sederhana yaitu Keamanan, Ketertiban Masyarakat (KAMTIBMAS).

“Jadi bisa terwujudnya suatu keamanan maka kita harus ada tertib hukum, namun sebelum orang bisa tertib hukum maka orang tersebut harus sadar akan hukum, sebelum sadar akan hukum maka masyarakat sebelumnya harus mengerti akan aturan yang ada, namun sebelum mengerti akan hukum tentunya orang harus tau akan hukum atau aturan yang ada, untuk mengetahui adanya aturan atau hukum itulah kita coba untuk memasukkan pelajaran-pelajaran atau materi-materi tentang hukum di kurikulum sekolah yang Insya Allah Kabupaten Hulu Sungai Selatan akan menjadi Kabupaten pertama yang memasukkan kurikulum ini ke sekolah,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Kab. HSS, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. HSS, Ketua Komisi I DRPD Kab. HSS, perwakilan Kabag Hukum Pemkab HSS serta para Kepala Sekolah dan para Tenaga Pendidik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *