Dalam rangka semangat untuk terus membangun Kabupaten Hulu Sungai Selatan menjadi Daerah yang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya maka Kabupaten Hulu Sungai Selatan melakukan koordinasi dan Asistensi untuk Peningkatan Kinerja Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Bidang Pelayanan Publik. Jakarta selasa (3/12/2019).
Asistensi atau Bimbingan itu diberikan oleh Asdep Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II, Jeffrey Erlan Muller, SH. Dalam asistensi itu, Pemerintah kab Hulu sungai Selatan dipimpin Langsung oleh Bupati Drs. H Achmad Fikry, M.AP, yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kab HSS Drs. H Muhammad Noor M.AP, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Para Camat se – Kabupaten Hulu sungai Selatan.
Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H Achmad Fikry, M.AP dalam mengawali sambutannya menyampaikan rasa syukur di hari jadi ke 69 Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan kado yang luar biasa, adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Hulu Sungai Selatan meraih nilai A dalam pelayanan publik, termasuk Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) dan Rumah Sakit H. HaSan Basry.
Bupati menambahkan bahwa, Semangat kami untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat itu menjadi komitmen kami. dan beberapa bulan yang lalu, kami ke Surabaya untuk mengunjungi Mall pelayanan publiknya. meskipun mungkin surabaya dengan Kabupaten HSS itu sangat jauh berbeda, surabaya penduduknya 3 jutaan, sedangkan Kab HSS penduduknya kurang lebih 225 ribu jiwa.
sehingga pertimbangannya apakah Kab HSS juga mendirikan Mall Pelayanan Publik atau dalam bentuk lainnya, namun yang yang penting semangat kita adalah melayani masyarakat, itu yang harus dilakukan.
selanjutnya Bupati menekankan bahwa kita juga harus bisa menyederhanakan berbagai peraturan yang selama ini menghambat pelayanan publik, termasuk memberikan kemudahan investor yang akan masuk ke Kabupaten HSS.
tapi mungkin pada sisi pelayanan publik tidak bisa disalahkan Pemerintah Saja, semangat kita ingin melayani sudah menjadi komitmen Kabupaten HSS, cuman pada saat tertentu kadang, masih ada maindset investor kita itu yang berkas dimasukkan saja, begitu dikontak untuk melengkapi itu mereka tidak melengkapi. tapi laporannya ke pusat seolah-olah Pemerintah Daerah menghambat investor.
Kalau menurut kami bisa sehari izinnya beres, kenapa harus besok, itu yang menjadi prinsip kita. Mungkin pada saat rapat di pusat dengan asosiasi Pengusaha, maindset untuk dilayani baik itu juga harus di imbangi dengan mereka pengusaha juga untuk memenuhi persyaratannya.
selanjutnya saya tugaskan Bagian Hukum untuk memeriksa kembali peraturan-peraturan yang daerah kami atau peraturan Bupati, atau keputusan daerah mana sih yang harus kita pangkas agar tidak berbenturan dengan semangat memberikan kemudahan berinvestasi di Kabupaten HSS.
Kami bersyukur setelah mendapatkan pendampingan dari Deputi Pelayanan publik, setelah kita mendapatkan nominasi pelayanan publik tahun 2016, jadi ibu Deputi dua kali berkunjung ke daerah kami. ini mendorong kami untuk terus berusaha dalam bidang pelayanan. dan kami bersyukur pula diakhir jabatan Pak Tjahyo Komolo sebagai Mendagri, Kabupaten Hulu sungai Selatan adalah Kabupaten Terinovasi 10 besar se Indonesia. Prinsip bekerja apa yang seharusnya bukan bekerja apa adanya, sehingga tidak terjebak dengan rutinitas. ini yang kami jalankan sehingga banyak menghasilkan berbagai penghargaan. dengan begitu kami terus bersemangat menciptakan inovasi yang baru.
pada tanggal 13 Desember nanti, akan ada Hulu Sungai Selatan Expo. dibeberapa stand akan kami sediakan untuk lapak pelayanan publik, ini selama sepuluh hari akan kita buka, sehingga masyarakat dapat berurusan di sana. inilah kemudahan – kemudahan yang kami berikan bagi masyarakat sekaligus meyakinkan masyarakat bahwa Pemkab tidak mempersulit masyarakat, namun justru mempermudah masyakat.
Bupati HSS berharap, banyak mendapat pencerahan dari Jeffrey Erlan Muller, S.H.
Asdep Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II. pada kesempatan ini juga hadir para camat se Kab HSS dengan programnya Paten. ini mereka garda-garda terdepan kami, dan suatu saat nanti kalau ke Kab HSS, sudah bagus sekali PATEN, untuk menerima masyarakat yang berurusan, jadi di Kecamatan dengan PATEN nya, jadi harapannya kami kesini juga mendorong para Camat kami untuk bisa meskipun tidak banyak yang dilayani, namun bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat.
Termasuk Rumah Sakit H. Hasan Basry terus membangun infrastruktur tiga lantai semoga bisa memberikan kenyamanan bagi masyarakat. termasuk Puskesmas terus memberikan pelayanan yang terbaik,
Bupati diakhir sambutannya menyampaikan rasa terima kasih banyak telah disambut dengan luar biasa, kami berharap banyak mendapatkan masukan pencerahan dari Bapak Jeffrey Erlan Muller, S.H.
Asdep Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II
Aris Samson, S. Sos., MAP – Kepala Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik menyampaikan bahwa berbicara mengenai Pelayanan Publik itu tidak ada habis-habisnya, banyak sekali terobosan – terobosan yang juga akan kita jadikan contoh. Namun apabila Pemerintah daerah yang kalau memiliki pimpinan yang berkomitmen untuk maju dan terus memotivasi agar selalu tercipta inovasi dalam berbagai bidang, khususnya pelayanan bagi masyarakat, itu juga menjadi contoh memberikan suri teladan bagi bawahannya.
Semangat Bapak Achmad Fikry, untuk membangun Pelayanan publik sangat kami apresiasi dan karena ini sejalan dengan reformasi birokrasi melalui program Indonesia Melayani.
selanjutnya Jeffrey Erlan Muller, S.H.
Asdep Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II, menyampaikan mengenai kebijakan-kebijakan dalam rangka peningkatan pelayanan publik.